Faktor Penyebab Keputihan dan Cara Efektif Mengobatinya

Keputihan

Faktor Penyebab Keputihan dan Cara Efektif Mengobatinya

Masalah keputihan adalah salah satu keadaan yang sangat dihindari oleh wanita kebanyakan. Terutama karena bisa mengeluarkan rasa tidak nyaman pada bagian dalam maupun luar organ kelamin. Ditambah lagi bisa membuat bau tidak sedap sehingga membuat wanita merasa tidak percaya diri.

Maka dari itu semua wanita harus tahu sebenarnya apa penyebab sehingga keputihan itu bisa muncul. Terutama dengan maksud untuk menghindarinya supaya tidak terlalu sering muncul. Anda harus tahu juga tentang bagaimana langkah untuk melakukan pengobatan apabila sudah terlalu parah dialami.

Penyebab Munculnya Keputihan Pada Wanita

Keputihan merupakan gejala di mana keluar berupa cairan lendir berwarna putih pada beberapa area kelamin wanita. Terutama pada bagian dinding vagina. Muncul karena ada bakteri dan sel mati disana.

Perlu ditekankan kalau hal ini masih tergolong sangat normal terjadi. Tapi wajib waspada saat bau, warna ataupun tingkat kekentalan berubah. Bisa infeksi saat itu telah muncul infeksi sehingga dapat membahayakan saat ini maupun masa depan.

Selain itu sebenarnya kondisi keputihan bakal muncul setelah 6 bulan menstruasi pertama. Umumnya terjadi pada anak dalam masa pertumbuhan di mana ada perubahan hormon. Menjadi tanda kalau orang tersebut semakin dewasa.

Tapi kondisi lain seperti mendapat rangsangan seksual juga dapat menjadi penyebab. Terutama karena cairan pelumas alami juga muncul. Hal ini kurang lebih sama terjadi pada wanita menyusui dan stres.

Sementara itu memang ada faktor yang tidak normal misal karena penyakit. Paling ringan mungkin hanya berupa jamur dan parasit. Di mana dapat diberi pertolongan dengan minum antibiotik dan jamur.

Selain itu bakal cek juga apakah terdapat kanker rahim atau tidak. Hal ini ternyata bisa menjadi pemicu kenapa mengalami keputihan terlalu berlebihan. Bahkan bakal mengganggu sangat kuat pada bagian leher rahim.

Harus diketahui kalau nantinya terdapat kanker yang sangat parah, maka wajib melakukan proses lebih kuat. Mungkin dokter bakal menyarankan untuk harus operasi. Terutama dengan tujuan dalam pengangkatan rahim.

Tips Pengobatan dan Pencegahan Terampuh

Untuk proses pengobatan terbaik pastinya lebih bagus jika tanya ke dokter. Terutama karena memang banyak faktor keputihan tersebut. Jadi, sebelumnya harus melakukan beberapa tes untuk melihat kondisi vagina.

Penting juga untuk mengetahui dan melihat apa saja gejala yang muncul. Lalu dibandingkan lagi sama siklus menstruasi belakangan. Tidak boleh ketinggalan laporan atau history kehidupan seksual beberapa bulan terakhir.

Selanjutnya akan terdapat beberapa tes yang perlu untuk dilakukan. Misalnya saja paling awal adalah mengenai pemeriksaan keasaman. Terutama dalam mencari tahu apakah terdapat tanda infeksi vagina.

Lalu bakal dilihat lagi lebih detail dengan uji coba sampel cairan vagina. Disini penting dilakukan demi melihat parasit atau bakteri. Bakal efektif jika ditambah dengan tes penyakit seksual menular lainnya.

Tidak kalah penting yaitu melakukan pap smear demi cek kesehatan serviks. Terutama melihat apakah ada kelainan yang terjadi atau aman. Bahkan disarankan sering dilakukan demi mencegah kanker tidak muncul.

Menurut Dokter Arief El Habibie sementara itu kalau tidak terlalu parah bisa diberi antibiotik. Bagus juga bila memberi area sekitar kewanitaan anti jamur. Lalu lebih baik jika mencegah dengan menjaga kesehatan vagina dan kehidupan seksual.

Munculnya penyakit seperti diatas tentu saja harus segera dihilangkan, terutama jika sudah memiliki suami. Jangan sampai kehidupan rumah tangga memburuk karena kualitas seks yang terus menurun. Pasti setelah kondisi keputihan tersebut sembuh, kehidupan berhubungan suami istri lebih harmonis.

Bila ingin konsultasi langsung atau berobat silahkan hubungi hotline kami di nomor 0811-929-1718